Senin, 19 Agustus 2013

Nikmati Cemilan Dim Sum

Bakpao dan siomai hanya segelintir dari hidangan dim sum. Dim Sum sendiri sering diartikan sebagai camilan. Konon, tradisi menikmati dim sum sudah ada sejak masa jalur sutera ribuan tahun lalu, tepatnya di masa Dinasti Han.


Di China sendiri, ada lebih dari 2.000 jenis dim sum. Biasanya, dim sum disantap dalam acara "yum cha" atau acara makan dim sum sambil minum teh china. Acara "yum cha" biasa digelar mingguan dan dim sum disantap secara ramai-ramai bersama keluarga.

Salah satu restoran di Jakarta berusaha mengangkat tradisi "yum cha" ini. Restoran Table8 yang berada di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, menghadirkan sajian khusus dim sum secara prasmanan di hari Sabtu dan Minggu.

Hotel Mulia Senayan, Jakarta Deep-fried Prawn Dumplings Served with Mayonnaise Sekilas seperti konsep ala "brunch" yang biasa disuguhkan restoran-restoran di akhir pekan. Bedanya adalah tema besarnya tentu saja dim sum. Serta minuman yang disajikan bukanlah alkohol yang biasanya dinikmati dalam hidangan restoran berkonsep "brunch", melainkan teh China.

Sebenarnya, dim sum yang dihidangkan prasmanan alias makan sepuasnya tersedia pula di luar hari Sabtu dan Minggu. Namun, di hari Minggu, dengan promo bertajuk "Sunday Dim Sum Buffet" ada beberapa dim sum spesial yang hadir seperti nasi ayam dibungkus daun teratai, udang goreng dengan saus mayonaise, serta udang kering dan kacang ala "Chao Zhou".

"Kalau di hari Minggu, ada 15 jenis dim sum di prasmanan, tambahan lagi ada kreasi dari Chef. Makanya kami sarankan di hari Minggu karena lebih beragam," ungkap Direktur Komunikasi Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Romy Herlambang.

Ada beberapa item yang tidak berubah. Contohnya dim sum klasik seperti siomai udang dan siomai ayam, ceker ayam saus pedas, bakpao daging ayam, serta dim sum goreng tetap hadir dalam menu prasmanan dim sum. Tetapi jenis dim sum lainnya akan berubah setiap bulan.

Salah satu yang mesti dicoba adalah Baked Bun. Baked Bun sebenarnya pao tetapi cara memasaknya berbeda. Jika pao pada umumnya dikukus, pao satu ini malah dipanggang. Hasilnya adalah tekstur luar pao yang garing tetapi lembut di dalam. Saat digigit, ada sensasi renyah dan lembut yang berpadu di mulut.

Pao lainnya adalah Steam Bun dengan isian lotus putih dan kelapa. Pao satu ini memberikan cita rasa manis dan tergolong pao yang jarang beredar. Dim sum lainnya yang menarik adalah Steam Dumpling yang berisi bayam China dan udang.

Hotel Mulia Senayan, Jakarta Baked Egg Custard Tart
Untuk menikmati dim sum, tentu pasangan paling cocok adalah teh china. Di restoran Table8, primadona teh yang disajikan untuk tamu adalah Hua'r Cha. Tak hanya karena khasiatnya untuk meluruhkan lemak, tetapi presentasinya yang juga menarik.

Teh tersebut terbuat dari bunga krisan dan bunga melati. Awalnya teh berbentuk bulat dan ditaruh di dalam gelas. Lalu, seorang tea master yang membawa ceret panjang akan datang menuang air panas ke dalam gelas dengan keahlian khusus.

Saat menuang air panas ini, tamu ibarat melihat pertunjukan akrobatik. Sebab, ceret tersebut sendiri memiliki panjang lebih dari satu meter.  Lalu, bagai bunga mekar, teh yang tadinya berbentuk bulat lama-lama terbuka dan menjadi bunga yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar