Jumat, 15 November 2013

Aurora Beroalis

Fenomena alam kerap terjadi pada bumi dan di sekitar kita. Seperti gempa bumi, hujan, gunung meletus, merupakan beberapa fenomena yang kerap terjadi di beberapa daerah di dunia. Dan karena seringnya fenomena ini terjadi, hal-hal tersebut sudah bukan lagi menjadi fenomena alam yang dirasa aneh dan tak wajar.

Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sering terjadi hanya di beberapa daerah tertentu saja di dunia. Fenomena yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala ini hanya akan terjadi di kutub utara dan juga kutub selatan. Aurora sendiri terjadi akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis. Dan di beberapa bagian negara Eropa, cahaya-cahaya Aurora terlihat di ufuk utara seperti seolah matahari akan terbit dari arah tersebut

Red Tides adalah sebuah fenomena alam di mana air laut akan berubah warna menjadi merah yang disebabkan oleh fitoplankton. Dan fenomena ini sendiri merupakan fenomena berbahaya yang dapat merugikan kematian pada makhluk hidup yang berada di air. Bahkan, Red Tides juga dianggap dapat berbahaya bagi kesehatan manusia tatkala mengonsumsi ikan maupun kerang yang terkontaminasi oleh Red Tides.

Fenomena ini sangat merugikan terutama bagi para nelayan yang pada akhirnya tak lagi memiliki hasil tangkapan akibat racun yang mematikan. Hal-hal yang terjadi pada fenomena ini adalah di mana suhu permukaan laut menjadi hangat, salinitas rendah, kandungan gizi yang tinggi, dan laut yang tenang. Namun seperti yang kita lihat, warna laut akan berubah menjadi kemerah-merahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar